Rabu, 17 November 2010

Item-item Pembentuk Karya ilmiah

Karya ilmiah tidak terlepas dari item-item pembentuknya. Oleh karena itu, di sini saya ingin menjelaskan item-item Pembentuk Karya ilmiah seperti, Daftar Pustaka, Kutipan dan Catatan Kaki. Untuk lebih jelasnya mari saya terangkan??

Daftar Pustaka

Pengertian
Seorang sastrawan yaitu Gorys Keraf (1997 : 213) menerangkan yang dimaksud dengan Daftar Pustaka atau Bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel dan bahan-bahan penerbitan lainnya. yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sehagian dan karangan yang tengah digarap. Bagi orang awam Daftar Pustaka mungkin tidak penting artinya, tetapi bagi seorang sarjana seorang calon sarjana atau scorang cendekiawan daftar kepustakaan itu merupakan suatu hat yang sangat penting.

Dapat saya tarik kesimpulan bahwa daftar pustaka adalah suatu daftar referensi yang digunakan oleh para penulis dalam karya ilmiah atau tulisannya.

Fungsi
Sebuah Daftar Pustaka hendaknya secara tegas dibedakan dari fungsi sebuah catatan kaki. Referensi pada catatan kaki dipergunakan untuk menunjuk kepada sumber dan pernyataan atau ucapan yang dipergunakan dalam teks. Sebab itu referensi itu harus menunjuk dengan tepat tempat, dimana pembaca dapat menemukan pernyataan atau ucapan itu. Dalam hal ini selain pengarang, judul buku dan sebagainya, harus dicantumkan pula nomor halaman di mana pernyataan atau ucapan itu bisa dibaca. Sebaliknya sebuah Daftar Pustaka memberikan deskripsi yang penting tentang buku, majalah, harian itu secara keseluruhan. Karena itu fungsi catatan kaki dan Daftar Pustaka seluruhnya tumpang-tindih satu sama lain.

Dalam hal ini, daftar pustaka dijadikan sebagai
pelengkap catatan kaki. Karena bila seorang pembaca ingin mengetahui lebih lanjut tentang referensi yang terdapat pada catatan kaki, maka ia dapat mencarinya dalam Daftar Pustaka. Dalam Daftar Pustaka juga dapat mengetahui keterangan-keterangan yang lengkap mengenai referensi yang digunakan oleh penulis.

Contoh Daftar Pustaka:
  1. Satu Pengarang :

    Yusmanto. Pemrograman Dasar Microsoft Visual Basic 6.0. Surabaya : STIKOM. 2003.

  2. Dua atau tiga pengarang :

    Kustituanto, Bambang dan Rudy Badrudin. Seri Diktat Kuliah Statistika 1 (Deskriptif). Jakarta : Gunadarma. 1994.

  3. Banyak pengarang :

    Yahya, Yusuf., D. Suryadi H.S., dan Agus. S. Matematika Dasar Untuk Perguruan Tinggi. Bogor : GHALIA INDONESIA. 2005.

  4. Jika edisi berikutnya mengalami perubahan :

    Ayers, Frank Jr. Differensial and Integral Calculus. 2nd edition. Schaum’s outline series, Mc Graw-Hill Book Company : New York. 1964.

Kutipan

Kutipan adalah pengambilanalihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argument dalam tulisan itu sendiri. Atau Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

Kutipan di bagi menjadi 2, yaitu
  1. Kutipan Langsung
  2. Kutipan Tidak Langsung
  • Kutipan langsung adalah mengutip sesuai dengan sumber aslinya, artinya kalimat-kalimat tidak ada yang diubah.

contoh Kutipan Langsung :

Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990).

  • Kutipan tidak langsung jika mengutip dengan cara meringkas kalimat dari sumber aslinya, namun tidak menghilangkan gagasan asli dari sumber tersebut.
contohKutipan Tidak Langsung :
  • Seperti dikatakan Bachman (1990) bahwa ragam bahasa pada dasarnya variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara.
  • ISO 5966 (1982) menetapkan agar karya ilmiah terdiri atas judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan, inti tulisan (teori metode, hasil, dan pembahasan), simpulan, dan usulan, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka (Soehardjan, 1997 : 38).

Dari pernyataan-pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa ketiga sumber diatas memiliki tujuan dan fungsi yang sama , yaitu sebagai pernyataan penghormatan kepada orang yang pendapatnya dikutip,dan sebagai pembuktian akan kebenaran kutipan tersebu
t.

Perbedaan dari ketiga cara tersebut ada dari segi penempatannya dan cara menuliskan sumber refrensi dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

Catatan Kaki

Catatan kaki
adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan.

Fungsi
Catatan kaki adalah untuk mencantumkan sumber tulisan sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku, sebagai penghargaan terhadap karya orang lain.

Catatan kaki dipergunakan sebagai :
  • Pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan penulis yang tercantum di dalam reks atau sebagai petunjuk sumber.
  • Tempat memperluas pembahasan yang diperlukan tetapi tidak relevan jika dimasukkan di dalam teks, penjelasan ini dapat berupa kutipan pula.
  • Referensi silang, yaitu petunjuk yang menyatakan pada bagian mana/halaman berapa, hal yang sama dibahas di dalam tulisan.
  • Tempat menyatakan penghargaan atas karya atau data yang diterima dari orang lain.

Penomoran

Penomoran catatan kaki dilakukan dengan menggurakan angka Arab (1, 2 dan seterusnya) di belakang bagian yang diberi catatan kaki, agak ke atas sedikit tanpa memberikan tanda baca apapun. Nomor itu dapat berurut untuk setiap halaman, setiap bab, atau seluruh tulisan.

Penempatan

Catatan kaki dapat ditempatkan langsung di belakang bagian yang diberi keterangan ( catatan kaki langsung) dan diteruskan dengan teks.

Ini adalah contoh Footnote1


1Footnote adalah catatan kaki


Nahh,, gimana nie para pembaca??
menarik bukan materinya..

Ayo kita mulai berpacu dalam prestasi!!!


Referensi :
http://www.scribd.com/doc/9678463/Daftar-Pustaka-Dan-Catatan-Kaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar