Selasa, 03 Juli 2012

Proposal PI atau Skripsi


Ini adalah contoh proposal pengajuan PI ataupun Skripsi.

PROPOSAL PENGAJUAN PENULISAN ILMIAH
SISTEM PENYERAPAN AIR MENGUNAKAN ULTRASONIC SENSOR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328




  

Disusun oleh:
Achmad Rizky
20109214
Sistem Komputer



UNIVERSITAS GUNADARMA
2012

PROPOSAL PENULISAN ILMIAH

JUDUL           :  SISTEM PENYERAPAN AIR MENGUNAKAN ULTRASONIC SENSOR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328
NAMA            :  ACHMAD RIZKY
NPM               :  20109214
JURUSAN      :  SISTEM KOMPUTER
STRATA         :  S-1
KELAS           :  3KB01

1.      Ringkasan / Abstraksi
Alat ini digunakan sebagai alat penyerapan air, dapat digunakan untuk mencegah timbulnya genangan air hujan dengan pemantauan air berarus tenang. Hasil pengukuran akan ditampilkan melalui layar LCD dengan tampilan jarak antara permukaan air hingga ke dasar sungai atau danau yang diukur kedalamannya.
Sensor yang digunakan pada rangkaian ini berupa sensor jarak dengan mengunakan sensor ultrasonic atau yang biasa disebut dengan sensor PING, sensor ini bekerja berdasarkan gelombang yang dipancarkan, sensor ini terbagi menjadi dua bagian yaitu speaker untuk memancarkan gelombang  ultrasonic dan microfon sebagai penerima dari pantulan gelombang tersebut, dan hasilnya akan dikirimkan ke mikrokontroler.
Di dalam mikrokontroler data diolah dengan menggunakan logika pemrograman. Setelah terjadi pengolahan data dengan logika pemrograman, mikrokontroler menghasilkan beberapa output, yaitu berupa hasil dari konversi pantulan gelombang yang telah dikonversi, hasil itu akan ditampilkan melalui layar LCD dan memberikan logika pada pompa untuk penyerap air.




  1. Latar Belakang Masalah

Perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan dibidang elektronika dan robotika yang sangat cepat mendorong dan membuat manusia untuk terus berfikir agar dapat menemukan sesuatu yang baru, selain itu memikirkan pula bahwa hal yang baru tersebut dapat berguna bagi orang banyak, dengan teknologi mikrokontroler dan sensor yang berkembang pesat, mendukung para perancang robotika untuk dapat menyelesaikan suatu alat dalam bidang robotika maupun elektronika dengan mudah, khususnya dalam pembuatan robot-robot cerdas.

Saat ini jika terjadi banjir disuatu wilayah masih memerlukan tenaga manusia untuk membuang air yang masuk ke pemukiman penduduk di karenakan kurangnya media serapan air seperti pohon. Oleh sebab itu dibuatlah alat yaitu Sistem Penyerapan Air Menggunakan Sensor Ultrasonic dan LCD Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328. Sistem Penyerapan Air ini bekerja secara realtime karena selalu memantau perubahan tinggi air setiap detik yang dapat di pantau melalui LCD. Alat ini dikhususkan untuk mencegah genangan air hujan dengan sistem penyerapan air berbasis realtime.

3.      Batasan Masalah

Sensor yang digunakan pada alat ini adalah sensor jarak atau biasa disebut sensor PING yang dapat mengeluarkan gelombang ultrasonic sebesar 40 Khz, gelombang tersebut akan dikeluarkan dan dipantulkan oleh benda yang menerimanya, hal itulah yang nantinya di gunakan untuk penghitungan jarak, kemudian data yang didapat akan diproses oleh mikrokontoler dan ditampilkan lewat display LCD.

Display yang digunakan pada alat ini adalah layar LCD 16x2, digunakan untuk menampilkan hasil dari perhitungan yang telah dilakukan oleh sensor PING dan mikrokontroler.

Sensor PING yang digunakan mempunyai jarak pengukuran sejauh 3 cm sampai dengan 300 cm.

4.      Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ini adalah menciptakan Sistem Penyerapan Air Menggunakan Sensor Ultrasonic dan LCD Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328 yang bersifat realtime, artinya perubahan tinggi air dapat di pantau setiap waktu untuk mencegah genangan air yang di sebabkan oleh hujan.

1.4. Metode Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan beberapa metode penelitian, diantaranya adalah :
1.      Studi Pustaka, yaitu dengan cara mengambil beberapa data yang berasal dari berbagai sumber seperti buku dan internet atau literatur-literatur lain yang berkaitan dengan teori dasar dari sistem yang sedang dibuat.
2.      Studi Lapangan, yaitu dengan mengamati, meneliti, mengumpulkan dan menganalisa secara langsung segala sesuatu yang berhubungan dengan penelitian.
3.      Konsultasi, yaitu mencari sumber dengan cara bertanya kepada narasumber yang lebih berpengalaman dibidang elektronika dan pemrograman.



5.      Hasil yang Di Harapkan
         Diharapkan alat ini dapat membantu meringankan pekerjaan manusia dalam bidang penyerapan air karena dapat digunakan di pemukiman penduduk. Dan juga diharapkan dapat memberikan hasil pengukuran yang lebih akurat.

6.      Rencana dan Jadwal Kerja
Kegiatan
Bulan ke-
1
2
3
4
5
6
Studi Pustaka






Pengadaan Alat dan Bahan






Perancangan Sistem dan Modul






Pembuatan Prototipe






Pembuatan Program






Pengujian Prototipe






Interpretasi Hasil Uji






Pembuatan Laporan








7.      Daftar Pustaka
[1] Widodo Romy Budhi & Joseph Dedy Irawan. 2007. Interfacing Paralel & Serial menggunakan Delphi. Penerbit:Graha Ilmu
[2] Anonim, Modul Panduan Elektronika Dasar 1, Laboratorium Elektronika dan Komputer Universitas Gunadarma, Depok, 2005.
[3] Anonim, Modul Panduan Elektronika Dasar 2, Laboratorium Elektronika dan Komputer Universitas Gunadarma, Depok, 2005.
[4] Anonim, Modul Panduan Pengantar Analisis Sistem Komputer, Laboratorium Elektronika dan Komputer Universitas Gunadarma, Depok, 2005.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar