Rabu, 21 November 2012

Form and Style English Business Letter

Form and Style English Business Letter
Surat bisnis merupakan bagian penting dari korespondesi bisnis. Format yang digunakan untuk menulis surat perusahaan dengan cara tertentu agar memberi kesan bagi pembaca. Sebuah format sederhana dari surat membantu menyapaikan pesan dengan jelas kepada pembaca.

Berdasarkan identasi dan penyelarasan paragraf, ada lima format yang digunakan dalam menulis surat bisnis, yaitu


  • Full-Block Format
    Pada jenis ini Business Letter biasanya berada pada rata kiri seperti letter head, date, inside address, subject, salutation, body of letter, complementary close, signature atau secara keseluruhan formatnya berada pada posisi rata kiri.


  • Semi-Block Format
    Dalam format ini, semua teks sejajar kiri dan semua paragraf dalam surat ini adalah indentasi. Format bentuk surat ini ialah letter head, date, complementary close dan signature berada di posisi rata kanan. Dilayout tidak rata kanan tapi dibilang rata tengah. Bagian lain pada surat seperti inside address, subject, salutation, body of letter, maupun enclosure jika terdapat lampiran surat berada pada rata kiri.
  • Modified-Block Format
    Format ini memiliki bagian-bagian yang tidak diimbangi yaitu teks sejajar di sisi kiri atas. Hanya alamat penulis, tanggal (di layout rata kiri) dan surat penutup bergeser ke tengah atau samping kanan kertas.


  • Indented Style
    Pada format ini setiap baris pertama pada awal paragraf dimulai dengan beberapa spasi dari sebelah kiri, jarak spasi biasanya 1 cm. Penulisan inside address dan bagian signature dilakukan identasi. Besarnya identasi pada setiap baris berbanding lurus dengan urutan baris tersebut. Misalnya baris pertama tidak dilakukan identasi, pada baris kedua dilakukan identasi 0,5 cm, pada baris ketiga juga dilakukan identasi 1 cm.

  • Hanging Style
    Memiliki format paragraf menggantung atau lebih condong ke kiri. Bentuk surat ini pada letter head, date, complementary close dan signature berada di posisi rata tengah surat. Bagian yang lain pada surat seperti inside address, subject, salutation, body of letter berada di posisi rata kiri. Dan pada hanging style awal paragraf tidak berspasi.

http://masterpiace.blogspot.com/2011/10/form-and-style-business-english-latter2.html
http://melforce-dhani.blogspot.com/2011/10/buisnis-english-letter.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar