Senin, 26 September 2011

Aplikasi Komunikasi Data

Komunikasi Data adalah pertukaran data dalam bentuk bit-bit biner 1 dan 0 di antara 2 piranti dari satu titik ke titik lain melalui media komunikasi data. Telekomunikasi adalah pertukaran percakapan melalui jarak tertentu dengan menggunakan alat elektronik sebagai medianya.

Aplikasi Komunikasi Data
·         Pemasaran & Penjualan
·         Pesan Elektronik
·         Telepon Selular
·         Electronic data interchange (EDI)
·         Teleconferencing
·         Electronic Commerce (E-Commerce)

Di sini saya ingin menjelaskan salah satu Aplikasi Komunikasi Data, yaitu Electronic Commerce (E-Commerce).


E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Komunikasi data yang ada pada e-commerce yaitu adanya pertukaran data elektronik / EDI, pengisian databases, surat elektronik (e-mail), dll. Penerapan komunikasi data ada pada cara bagaimana informasi atau data yang dapat saling bertukar melalui media elektonik dengan jarak pengirim dan penerima yang tidak dapat di ukur sehingga informasi atau data itu dapat tersampaikan dengan baik dan di pergunakan dengan baik juga. Tidak itu saja media elektronik sangatlah berperan penting dalam terjadinya komunikasi data antarmuka yang terdapat pada semua aplikasi komunikasi data. Oleh sebab itu, komunikasi tidak akan terlepas dari media penghubung yang berkembang dengan pesat.

Sumber:
E-Books
id.wikipedia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar