Minggu, 10 Oktober 2010

Manajemen Proyek dan Risiko

Dalam tugas kuliah kali ini saya diberikan tugas untuk membahas tentang “Manajemen Proyek dan Risiko”.

Untuk itu saya ingin membagi pengetahuan kepada kawan-kawan pembaca tentang hal tersebut.

Nah,, pertama saya ingin menjelaskan apa itu “Manajemen Proyek” terlebih dahulu.

Apakah kawan-kawan pembaca mengetahui apa itu “Manajemen Proyek”??

Oke,, pertama saya memecah kata tersebut karena itu dua kata yang memiliki arti yang berbeda.

Pengertian Manajemen

Manajemen merupakan sebuah proses terpadu dimana individu-individu sebagai bagian dari organisasi yang dilibatkan untuk merencanakan, mengorganisasikan, menjalankan dan mengendalikan aktifitas-aktifitas, yang kesemuanya diarahkan pada sasaran yang telah ditetapkan dan berlangsung terus menerus seiring dengan berjalannya waktu.. Dalam ibarat lain dapat dikatakan bahwa manajemen merupakan suatu rangkaian tanggung jawab yang berhubungan erat satu sama lainnya.


sedangkan

Pengertian Proyek

Aktifitas atau kegiatan pada proyek merupakan sebuah mata rantai, yang dimulai sejak dituangkannya ide, direncanakan kemudian dilaksanakan, sampai benar-benar memberikan hasil yang sesuai dengan perencanaannya semula. Proyek merupakan aktifitas yang bersifat temporer. Selalu ada pembatasan dalam pelaksanaannya dan juga dalam skala tertentu.

Sehingga Proyek adalah suatu jenis program yang disusun secara terperinci sebagai suatu bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dan didalamnya secara konkrit ditetapkan tujuan dan hasil yang akan dicapai, lokasi jelas, organisasi pelaksana, biaya dan jadwal waktu serta anggarannya tertuang dalam suatu dokumen.

Jadi,, dapat kita simpulkan dari masing-masing pengertian manajemen dan proyek. Apabila digabungkan, Manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu pula. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan, dan perbaikan yang berkelanjutan.

Adapun contoh Manajemen Proyek dalam dunia teknologi, yaitu

  • Aplikasi
  • Software
  • Web

Nah,, yang kedua saya ingin menjelaskan “Manajemen Risiko”.

Apa itu “Manajemen Risiko”??

Kita sudah mendapatkan pengertian tentang Manajemen itu sendiri, sehingga kita hanya mencari apa itu “Risiko”.

Pengertian Risiko

Menurut Vaughan (1978) risiko di bagi menjadi 3 elemen, yaitu

  1. Risk is the chance of loss (Risiko adalah kans kerugian).
  2. Risk is the possibility of loss (Risiko adalah kemungkinan kerugian).
  3. Risk is uncertainty (Risiko adalah ketidakpastian)
  • Risk is the dispersion of actual from expected results(Risiko merupakan penyebaran hasil aktual dari hasil yang diharapkan)
  • Risk is the probability of any outcome different from the one expected (Risiko adalah probabilitas sesuatu outcome berbeda dengan outcome yang diharapkan).

Dari berbagai elemen diatas, risiko dihubungkan dengan kemungkinan terjadinya akibat buruk (kerugian) yang tidak diinginkan, atau tidak terduga. Dengan kata lain, kemungkinan itu sudah menunjukkan adanya ketidakpastian.

Sehingga Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Dalam bidang asuransi, risiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan ketidakpastian, di mana jika terjadi suatu keadaan yang tidak dikehendaki dapat menimbulkan suatu kerugian.

Jadi, Manajemen risiko adalah proses pengelolaan risiko yang mencakup identifikasi, evaluasi dan pengendalian risiko yang dapat mengancam kelangsungan usaha atau aktivitas perusahaan.

Adapun contoh Manajemen Proyek dalam dunia teknologi, yaitu

  • hardware
  • trabelsutting

Nah,, kawan-kawan pembaca sudah tahukan sekarang apa itu "Manajemen Proyek dan Resiko".

Reference :

  • http://www.pmi.org
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Risiko
  • http://bolangunix.co.cc/tugas-softskill/materi-manajemen-risiko/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar