Letter Head
Biasa disebut juga sebagai Kepala
surat, pada surat bisnis disebut juga Kop surat, Kop surat adalah judul atau
informasi pada selembaran kertas surat. Isi dari infromasi biasanya terdiri
dari Nama, Alamat, no telepon, dan logo perusahaan atau desain, dan terkadang
pola latar belakang. Kop surat istilah ini sering digunakan untuk merujuk
kepada seluruh lembar yang dicetak seperti Heading
1. Date
Date adalah Penanggalan yang berarti menunjuk tanggal, bulan,
dan tahun. Penempatan penanggalan kop surat biasanya terletak pojok kanan di
bawah Letter Head.
Untuk bentuk penulisan Tanggal pada surat bisnis dapat dibedakan
menjadi 2 bentuk :
v Date in British style
Dalam Bahasa Inggris
British, penanggalan hari biasanya dituliskan sebelum bulan, untuk penulisan
tanggal yang tepat, anda harus mengetahui dahulu system pengurutan dalam
British, pengurutan dalam Bahasa Inggris sebagai berikut :
1. Pertama : First (-st)
2. Kedua : Second (-nd)
3. Ketiga : Third (-rd)
Sedangkan penulisan
penanggalan yang diakhiri dengan angka 4 – 10. Bisa mempergunakan akhiran (-th)
diakhir angkanya.
Sebagai contoh :
Apabila menulis tanggal 1 January 2011, maka yang mesti diketahui adalah
tanggalnya yang berakhiran 1, maka menggunakan akhiran –st di akhir angka satu.
Sehingga penulisan menjadi 1stJanuary 2011, apabila anda menulis
untuk tanggal 7 January 2011, maka penulisannya adalah 7th January
2011
Contoh :
(day/month/year)
02/November/2010
v Date in American style
Dalam Bahasa Inggris
America bisa menuliskan tanggal hanya dengan menggunakan angka, Bentuk paling
umum adalah :
Contoh :
(month/day/year) atau month-day-year
November/02/2010
“ Perlu diperhatikan
bahwa 5/10/2011 biasanya berarti tanggal 5 october 2011 dalam Bahasa Inggris
British, Dan dalam Bahasa Inggris America bisa berarti tanggal 10 may 2011.
Untuk menghindari kerancuan ini, harus dapat mengeja bulan atau menggunakan
singkatan.
3. Inside Address
Inside Address adalah pengalamatan yang berarti Alamat dari
penerima surat. Pada penulisan tersebut terdapat Nama, Alamat, kode pos, Dan
Negara.
Example : Dr. Calvin Carson
Cross Country Coach
Dept. of Athletics
Colorado Community College at Cripple Creek
Cripple Creek CO 80678
4. References
Berisi sebuah referensi yang memudahkan pengirim dan penerima
melakukan dokumentasi atau pengarsipan terhadap percakapan yang sebelumnya
untuk penulisan referensi dapat diberi tulisan bergaris bawah, menuliskan
referensi untuk pihak responden dengan format : ‘Your Ref:KPS/C3’. Jika ingin
menambahkan referensi dari pengiriman, format penulisan : ‘My Ref: Con/13/1’
atau ‘Our Ref: Con/13/1’.
5. Salutation
Salutation adalah salam pembuka. Praktik berkorespondensi bisnis
dapat menggunakan salutation atau salam pembuka untuk mengawali isi atau maksud
surat tersebut. Masing-masing bentuk salam dalam surat bisnis memiliki tingkat
keformalan dan kelaziman yang berbeda. Surat bisnis tidak sebebas surat sosial
atau surat personal dalam menempatkan salutation.
Contoh : A. Untuk korespondensi Bisnis yang sangat formal
· Dear Madam
· Dear Mesdames:
· Dear Sir:
· Dear Sirs:
· Dear Sir or Madam:
· Sir:
· Madam:
· Mesdames:
· Sir or Madam:
· Sirs or Mesdames:
B. Untuk korespondensi
Bisnis yang di alamatkan bukan kepada orang tertentu di dalam perusahaan.
· Ladies and Gentlemen:
· Gentlemen:
· Ladies:
c. Untuk Korespondensi
bisnis yang berciri formal, namun tetap memiliki nuansa keramahan.
· Dear Mr. Kunjana:
· Dear Mr. julian:
· Dear Messrs. Kunjana and julian:
· Dear Mr.Kunjana and Mrs.Reni:
Ada beberapa cara untuk menuliskan salam pembuka apabila anda
tidak tahu nama seseorang yang dituju.
Contoh : A. British English
1. Dear Sir/ Dear Sirs =
Jika penerima Laki-laki
2. Dear Madam = Jika
penerimanya Perempuan
3. Dear Sir or Madam =
jika penerimanya tidak tahu jenis kelaminnya
B. America English
1. Gentlemen = Jika
penerimanya Laki-Laki
2. Ladies = Jika
penerimanya perempuan
3. Ladies and Gentlemen =
Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya, atau
4. To whom it may concern
= Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya
Pada American style,
gunakan tanda baca "titik dua"
Contoh : - Dear Mr.
Fachmi:
Jika kita tidak
mengetahui nama dari penerima surat
British English
|
American English
|
Jenis Kelamin
|
Dear Sir/ Dear Sirs
|
Gentlemen
|
Laki-Laki
|
Dear Madam
|
Ladies
|
Perempuan
|
Dear Sir or Madam
|
- Ladies and Gentlemen
- To whom it may concern
|
Tidak diketahui
|
Dari sisi penulisan
tanda baca
British English
|
American English
|
Tanda koma (,) dibelakang nama atau tidak ada tanda baca
|
Tanda titik dua dibelakang nama
|
Contoh :
- Dear Mr Roy
- Dear Mr Roy,
|
Contoh :
- Dear Mr Roy:
|
Penulisan singkat
British English
|
American English
|
Keterangan
|
Tanpa tanda titik
|
Digunakan tanda titik (.)
|
- Mr untuk laki-laki
- Mrs untuk perempuan yang sudah menikah
|
Contoh : Mr
|
Contoh : Mr.
|
- Miss untuk perempuan yang belum menikah
- Ms untuk perempuan yang tidak diketahui sudah
menikah/belum
|
6. Subject
Subject arti dalam Bahasa Indonesia adalah Perihal. Yang
mengenai isi surat tersebut, dengan alasan dibuatnya suatu surat oleh si
pembuat kepada si penerima atau setidaknya mengerti gambaran umum isi pesan
surat isi pesan bisnis surat tersebut. Baris perihal atau baris subject
penulisannya ditempatkan di atas salutation. Subject dapat ditulis atau diketik
dengan huruf besar semua atau huruf kecil semua.
Contoh : SUBJECT : THE ILLUSTRATED CATALOGUE
Subject : The Illustrated Catalogue
7. Body of Letter
Bagian dari Body of Letter atau inti pokok surat adalah inti isi
surat bisnis. dalam inti surat tersebut, penulis berusaha agar apa saja yang
hendak dikomunikasikan dapat diterima dengan baik oleh pihak pembaca surat.
Jika komunikasi inti surat antara pengirim dan penerima terjadi (terjalin)
dengan baik, maka dapat dikatakan bahwa isi surat tersebut telah memenuhi
kriteria efektifitas dan komunikatif.
8. Complementary Close
Bagian Complementary Close sangat bervariasi baik dalam bentuk
dan gaya penulisan pada bagian salam pembuka atau bagian pembuka surat
(salutation). Bentuk Complementary Close harus sejajar atau sejalan dengan
bentuk salutation-nya.
Berikut disampaikannya bentuk-bentuk salam penutup untuk surat
bisnis berdasarkan tingkat keformalannya. Dari yang tertinggi sampai yang
terendah.
British style : Truly yours,
Faithfully yours,
Sincerely yours,
Respectfully yours,
Cordially yours,
American style : Yours truly,
Yours faithfully,
Yours sincerely,
Yours respectfully
Yours cordially
9. Signature
Namun, Jika Company Signature atau tanda tangan perusahaan
tersebut digunakan , cara penulisannya adalah dengan menempatkan dibawah bagian
complementary Close dan diketik dengan huruf capital semua
Contoh :
Yours truly,
ERANKA
Yours faithfully
GASANTRIJANA
Very truly yours,
ERANKA CO. LTD.
Respectfully yours,
GASANTRIJANA INC.
10. Enclosure
Bagian ini hanya dituliskan jika terdapat lampiran-lampiran yang
akan disertakan dalam surat bisnis tersebut. Penulisan Enclosure atau lampiran
membantu penulis, penerima, dan sekertaris untuk mengetahui mencermati
kelengkapan lampiran-lampiran yang disertakan. Jika lampiran-lampiran tidak
lengkap atau tidak sesuai dengan yang ditulis, pengontrolan dapat mudah
dilakukan, Adapun variasi penulisan Enclosure dapat dicermati pada Contoh :
Enclosures :
1. Comtract
2. Cheque
3. Memo
Enclosure : Contract
Enc.: Contract
Encl.: Contract
11. Postscript
Postscript terletak
dua spasi di bawah tanda tangan atau inisial referensi . Merupakan catatan
singkat yang ditambahkan ketika mengakhiri sebuah surat. Diletakan pada bagian
kiri bawah surat, sebelum bagian CC. Contoh :
- P. S. Duis autem vel
eum iriure dolor in hendrerit in vulputate velit esse molestie consequat, vel
illume u feuqiat nulla facilisis.
12. Carbon Copy Notation
Notasi surat (carbon copy notation) hanya dituliskan ketika
penulisan surat hendak menyampaikan duplikat surat tersebut kepada pihak-pihak
tertentu, dengan isi format, serta segala sesuatunya persis sama dengan lembar
surat asli. Dalam penulisannya, carbon copy notation dapat disingkat menjadi CC
yang diikuti colon atau titik dua, atau bisa dengan tanda cc (huruf kecil) yang
juga diikuti tanda titik dua.
Contoh : CC: Managing Director
cc: Academic Director
Source :
http://ismailmidi.com/english-546408-business-letter.html
http://www.letterwritingguide.com/businessletterformat.htm
http://www.letterwritingguide.com/businessletterformat2.htm
http://smallbusiness.chron.com/basic-parts-business-letter-216.html
cc: Academic Director
Source :
http://ismailmidi.com/english-546408-business-letter.html
http://www.letterwritingguide.com/businessletterformat.htm
http://www.letterwritingguide.com/businessletterformat2.htm
http://smallbusiness.chron.com/basic-parts-business-letter-216.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar